Sabtu, 03 November 2012

Query Relasional


Bahasa query formal basis data relasional adalah bahasa untuk meminta informasi dari basis data. Sebelum basis data relasional, query terhadap basis data merupakan tugas yang lainnya.
Dengan data value sebagai berikut: sangat sukar.Pemogram harus berususan dengan skema fisik internal dari basis data.Bahasa query relasional misalkan SQL (sructured query language) berbeda dengan bahasapemrograman konvensional. Di SQL, kita menspesifikasikan properti – properti informasi yang hendak diambil tapi tidak mencantumkan rincian algoritma pengambilan. SQL adalah deklaratif, yaitu pada query dideklarasikan informasi yang merupakan jawaban yang dikehendaki bukan cara komputasi.
Query kompleks yag diperlukan pada kebanyakan aplikasi nyata memerlukan pengetahuan mendalam mengenai bahasa da semantiknya. Bahasa query relasional formal merupakan bahasa antara yang digunakan basis data, yaitu SQL dikonversi menjadi bahasa rlasional formal sehingga dapat diterapkan sekumpulan informasi untuk memperoleh query paling efisien.
Terdapat dua jenis bahasa query relasional formal yang utama, yaitu:
1. Aljabar relasional.
2. Kalkulus relasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar